Tips Menghemat Uang Ala anak Kosan

      yoscruizer.blogspot.com - Selamat Bagi Para siswa sma/smk  yang telah lulus atau yang pkl yang bingung untuk kuliah dimana,mungkin sebagian besar Para siswa lebih memilih Luar Kota dan pasti memerlukan sebuah Kosan atau Kontrakan ,maka dari itu saya akan memberikan sejumlah tips dan trik unutk para mahasiswa yang ingin hidup Hemat dan sehat di Kosan.
20 Tips dan Trik Penting! Cara Menghemat Uang Untuk anak Kosan


1. Cari Kosan yang  Murah Dan Keamanan,Kebersihan,dan kemananannya terjaga

    Masih ingat waktu itu saya uber uber kota Jogjakarta buat cari kosan yang murah, bukan sekedar murah tapi kosan yang punya unsur K3 juga. Kebersihan, Keamanan dan Kesehatan. Kosan yang murah sih banyak tapi unsur K3 ini yang wajib agan n sistan perhatikan karena bisa ngaruh buat belajar.


2. Cari Teman Kosan Yang Senasib 


     Apa hubungan dengan hemat? Ada lo gan. Dari pengalaman ane nih, cari teman kosan yang senasib itu bisa ajak kompromi alias ngebantu banget buat patungan kalau makan. Kalau gak senasib kadang-kadang gengsi buat diajak susah makan di warung murah.

Baca Juga :Tips Meningkatkan Trafic Blog/Website Dengan SEO(Search Engine Optimalizer) 2019

3. Warung Murah Dan K3

    Mencari makan di tempat kuliah emang murah-murah dan menggiurkan. Tapi kadang di kota besar kaya Jakarta bisa serba mahal, berdampak pada warung khusus mahasiswa. Makanya saat jadi mahasiswa pasti rajin hunting warung yang murah. Jangan lupa unsur K3 warung tersebut. Walau murah bersih dan sehat makan pun enak.


4. Cari Kosan Yang Ada Dapurnya


    Tempat kosan emang jarang menyediakan dapur umum. Tapi gak sedikit kosan yang berbaik hati menyediakan dapur umum. Agan n sista wajib pilih kosan ini, karena bisa menghemat biaya makan. Dan ajak penghuni kosan lainnya untuk patungan.


5. Uang Kas Kosan


Kalau ini gak semua kosan terutama penghuninya bisa lakuin. Tapi agan n sista bisa jadi orang yang pertama mencetuskan ide uang kas ini. Layaknya keluarga bentuk uang kas. Penghematan kaya beli air galon, gas (kalau ada dapur umum) dan sabun cuci piring. Bisa hematkan kalau bareng-bareng. 


6. Buat Perencanaan Atau Skala Prioritas


Berstatus mahasiswa menjadikan kita harus mandiri. Salah satunya saat hidup sendiri dan mengatur keuangan. Menjadi anak kosan perlu membuat perencanaan keuangan dan skala prioritas. Karena dengan adanya perencanaan keuangan, anak kosan bisa bertahan dengan uang yang menipis di dompet hingga akhir bulan. 


7. Beli mie Instan Ditanggal Tertentu

Pasti mie menjadi makanan penyelamat anak kosan. Tapi Gan jangan keseringan mie yah bahaya buat kesehatan. Hemat dan sehat prinsip anak kosan. Boleh aja beli mie. Tapi pastikan beli di tanggal tertentu, untuk menjaga kesehatan dan keuangan. Gak kerasa aja beli mie bisa ngeluarin duit sampai puluhan ribu, karena prinsip menyetok untuk persiapan akhir bulan. Padahal prinsip ini kurang tepat. Kalau bisa mengonsumsi mie hanya satu bulan saja selebihnya agan n sista siasati dengan menu lainnya yang murah dan sehat.


8. Persiapkan Satu Celengan


Jadi mahasiswa pun masih butuh yang namanya celengan. Kalau ke Bank kan harus nabung gede. Nah celengan ini bisa dijadikan tabungan cadangan dikala mepet. Biar seratus, lima ratus kalau rajin bisa menjadi penolong anak kosan yang lagi sekarat. 
20 Tips dan Trik Penting! Cara Menghemat Uang Untuk anak Kosan



9. Nonton Bareng


Gak perlu ke Bioskop, cukup pilih salah satu kamar yang agak luas. Anak kosan bisa menikmati film dengan keseruan satu kos. Menghemat uang kiriman tapi anak kosan tetap butuh hiburan. Nah alternatif bioskop kosan ini selain hiburan bisa mendekatkan dengan penghuni kosan lainnya.


10. Memaksimalkan Barang Yang Ada


Barang yang ada disini terutama alat mandi. Pasti wajib dibeli setiap bulannya bahkan dalam satu bulan bisa lebih dua kali menyebabkan dompet bisa menipis. Agan n sista harus bisa memaksimalkan barang yang ada sebelum dompet terisi lagi. Salah satunya shampo yang hampir habis, diisi ulang air agar sisa shampo yang menempel bisa digunakan. Cara ini bisa menghemat belanja bulanan anak kosan.


11. Isi Paket Data Dengan Berlangganan Wifi Gratis


Mahasiswa bukan hanya perkara belajar dan makan. Tapi sekelumit kehidupan mandiri yang harus dilalui. Salah satunya isi paket data HP yang wajib terisi. Kalau lagi menimpis, carilah tempat wifi gratis. Di kampus tentu difasilitasi wifi gratis. Maka tak heran banyak mahasiswa nongkrong lama-lama disudut tertentu di kampus.


12. Siap Sedia Makan Dan Minum


Walau jauh dari rumah, anak kosan wajib bawa perbekalan sendiri. Kalau di kosannya terdapat dapur umum kalian bisa menghemat makan siang di kampus yang mahal. Terutama air minum agan harus sedia terus, aktivitas kuliah yang padat bisa bikin dehidrasi. Makanya minum harus selalu bawa. 

13. Bawa Uang Cash Secukupnya


Bawa uang cash di dompet harus direncanakan, karena berlebihan menyimpan uang cash di dompet, bisa-bisa kalian kebablasan untuk belanja tidak sesuai dengan kebutuhan. 

Oke Agan n sista inilah tips dari ane sesuai dengan pengalaman sendiri dan berbagai sumber yang keren. Semoga aja nih bisa memberikan bayangan terutama untuk calon-calon anak kosan dan rantauan. 


14. Berbelanja Satu Bulan Sekali


Setelah dapat uang kiriman atau beasiswa turun, agan n sista harus menahan hawa nafsunya untuk berbelanja sesuai yang diinginkan. Ingat harus punya prinsip perencanaan, kebutuhan mana yang harus dipenuhi. 


15. Mencuci Baju Sendiri


Membentuk karakter mandiri selain menghemat uang belanja. Anak kosan wajib bisa mencuci baju sendiri, selain mandiri kalian juga bisa hemat uang untuk jasa untuk laundry baju


16. Mencari Penghasilan Tambahan


Pengiriman uang dari orangtua tak selalu lancar. Maka harus sedia kegiatan yang bisa nambah uang saku. Mencari pekerjaan bisa menjadi pilihan anda Web Bisa jadi pilihan anda . Tapi jangan sampai kuliah terbengkalai karena lebih fokus bekerja daripada belajar.


17. Memburu Beasiswa


Selain bekerja kalian sebagai anak kosan yang jauh dari orangtua harus bisa membantu meringankan beban orangtua. Beasiswa adalah pilihannya, berburu mahasiswa secara aktif bisa menjadi alternatif untuk tambahan dan juga keringanan membayar uang kuliah.


18. Puasa Adalah pilihan terbaik untuk anak kosan


Bagi mahasiswa muslim bisa melakukan kegiatan positif ini, selain hemat dalam uang makan bisa menambah pahala juga. Melakukan puasa di hari Senin dan Kamis bisa jadi solusi untuk menghemat dan belajar juga.


19. Berburu Makan Gratis


Biasanya kegiatan makan gratis banyak dilakukan saat bulan Ramadhan. Buka bersama gratis baik berupa makanan berat dan ta'jil biasanya bertebaran di mesjid kampus atau sekitarnya. Belum jadi anak kosan kalau belum merasakan berburu tempat buka bersama gratis di mesjid-mesjid atau di tempat lain.



Untuk Menjadi anak kosan buat kita mandiri, dan sadar betapa sulitnya cari duit dan nyimpen duit. Tapi cuman satu pesan dari ane, anak kosan tetap jaga kesehatan. 

Salam Manfaat

No comments:

Post a Comment